Laman

Jumat, 27 Juli 2012

Definisi IR

Sistem Temu Kembali Informasi (STKI) atau bisa disebut juga Information Retrieval digunakan untuk menemukan kembali informasi-informasi yang relevan terhadap kebutuhan pengguna dari suatu kumpulan informasi secara otomatis. Selain itu Information retrieval juga bisa didefinisikan sebagai ilmu pencarian informasi pada dokumen, bisa berupa pencarian untuk dokumen itu sendiri, untuk menjelaskan dokumen, atau mencari di dalam database yang terdapat pada network seperti internet atau World Wide Web, untuk teks, suara, gambar, atau data.

Ilmu-ilmu yang menjadi dasar dari Information retrieval (IR) adalah :
o    ilmu komputer,
o    ilmu matematika,
o    ilmu kepustakaan,
o    ilmu informasi,
o    ilmu psikologi kognitif,
o    ilmu linguistik,
o    ilmu statistic
o    ilmu fisika.
Sistem temu balik informasi meliputi berbagai hal antara lain  : penyimpanan, penyedian, referesentasi, identifikasi, dan pencarian dokumen yang relevan pada pangkalan data untuk memenuhi kebutuhan informasi user.

Pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang penelusur informasi adalah :
a.    Conceptual, untuk mengkonversi sebuah kebutuhan informasi kedalam sebuah query yang dapat ditelusur.
b.    Semantic, untuk membangun atau mengembangkan sebuah query untuk sebuah sistem.
c.    Technical, untuk memasukkan query sebagai bahasa penelusuran yang spesifik.
Istilah-istilah yang berkaitan dengan sistem temu kembali informasi antara lain :
1.    Query
Query adalah sebuah kata kunci yang digunakan user kepada sistem untuk mendapatkan informasi atau data yang relevan untuk kebutuhan pada query. “Query dalam information retrieval merupakan sebuah kata kunci penting yang digunakan untuk mencari informasi yang dibutuhkan oleh user, dalam bentuk yang paling sederhana”.
2.    Dokumen
Dokumen adalah sebuah objek yang mengandung informasi yang akan dieksplorasi oleh sistem temu kembali informasi. Informasi pada dokumen ini dibatasi hanya berupa teks. Dari dokumen ini, kemudian sistem akan memberikan hasil pencarian.
3.    Relevansi
Relevansi adalah tingkat kesesuaian sebuah dokumen dengan query yang diberikan oleh user. Relevansi ini dihitung sesuai dengan rumus tertentu, tergantung model yang digunakan dalam sistem temu kembali informasi.
4.    Ranking
Ranking adalah pengurutan dokumen-dokumen yang telah dicari dan ditemukan oleh sistem temu kembali informasi. Acuan dalam pengurutan ini adalah nilai relevansi tiap dokumen terkait query yang diberikan.
5.    Term
Term adalah kata yang memiliki arti yang terdapat pada dokumen dan query. Dari semua kata yang ada, kata-kata yang merupakan kata umum dihilangkan sehingga yang tersisa hanya kata yang benar-benar berhubungan dengan isi dokumen.